Pengertian dan Aplikasi Pembelajaran Pengayaan
Oleh Agung Ardiansyah _ 1213032002
Pembelajaran pengayaan adalah proses pembelajaran tambahan yang diberikan seorang guru kepada satu kelompok peserta didik yang telah melampaui standar minimal kelulusan agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya. Kegiatan pengayaan ini dimaksudkan untuk memperdalam pemahaman dalam sebuah kajian materi pembelajaran di kelas. Ada tiga jenis pembelajaran pengayaan, yaitu:
1. Kegiatan eksploratori yang bersifat umum yang dirancang untuk disajikan kepada peserta didik. Sajian dimaksud berupa peristiwa sejarah, buku, tokoh masyarakat, dsb, yang secara regular tidak tercakup dalam kurikulum.
2. Keterampilan proses yang diperlukan oleh peserta didik agar berhasil dalam melakukan pendalaman dan investigasi terhadap topik yang diminati dalam bentuk pembelajaran mandiri.
3. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan belajar lebih tinggi berupa pemecahan masalah nyata dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah atau pendekatan investigatif/ penelitian ilmiah. Pemecahan masalah ditandai dengan:
a) Identifikasi bidang permasalahan yang akan dikerjakan;
b) Penentuan fokus masalah/problem yang akan dipecahkan;
c) Penggunaan berbagai sumber;
d) Pengumpulan data menggunakan teknik yang relevan;
e) Analisis data; dan
f) Penyimpulan hasil investigasi.
Dalam proses pembelajaran pengayaan terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Faktor siswa
Guru harus memperhatikan karakteristik siswa baik yang berkenaan dengan faktor minat amupun dengan faktor psikologis lainnya juga perlu dipertimbangkan guru dalam memilih dan melaksanakan pembelajaran pengayaan.
2. Fakor manfaat edukatif
Sesuai dengan tujuan utama pembelajaran pengayaan yaitu untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal maka kegiatan pengayaan ini harus memberikan manfaat bagi siswa.
3. Faktor waktu
Kegiatan engayaan diberikan untuk mengembangkan potensi siswa dengan memanfaatkan kelebihan waktu sementara siswa lain masih melakukan kegiatan remidial. Seorang pendidik profesional harus mampu menyesuaikan jenis kegiatan pengayaan dengan kebutuhan siswa dan juga waktu yang tersedia.
Langkah tepenting dalam sebuah proses pembelajaran pengayaan adalah waktu pelaksanaan identifikasi kebutuhan dan kategorisasi tugas yang akan diberikan seorang guru kepada peserta didik. Pada hakikatnya proses pembelajaran pengayaan ini adalh pemberian bantuan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan lebih, baik dalm kecepatan maupun kualitas belajarnya. Oleh karenannya seorang pendidik profesional harus mampu memberikan bentuk pelaksanaan pembelajaran secara tepat, misalnya saja dengan belajar kelompok, belajar mandiri, pelajaran berbasis tema ataupun pemadatan kurikulum.
DAFTAR PUSTAKA:
1.http://fayzaaveiroo.blogspot.com/2013/11/remedial dan-pengayaan.html?showComment=1397208635499#c7800205730566495602
2.https://docs.google.com/document/edit?id=1Teb8wv8NHqlfq-QJml3Cq9NG2JgZzEJr2TJ0rNVRqHo&hl=in&authkey=CI_Di-wJ
0 comments:
Post a Comment