STRATEGi PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN
Oleh : Agung Ardiansyah _1213032002 (GENAP)
Strategi pembelajaran Merupakan serangakaian kegiatan pembelajaran berupa model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran yang diberikan oleh seorang Guru untuk dapat menciptakan proses belajar mengajar yang inspiratif, menarik serta mudah di fahami oleh peserta didik.
(Wina Senjaya, 2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Selanjutnya, dengan mengutip pemikiran J. R David, Wina Senjaya (2008) menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya,bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
Untuk Dapat menyajikan strategi pembelajaran yang baik, berikut akan saya sampaikan pengertian, langkah dan wujud dari Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang baik.
A. Model Pembelajaran
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh seorang guru. Dengan kata lain model pembelajaran merupakan bingkai serta wadah dari suatu pendekatan, metode dan teknik pembelajaran. Berkenaan dengan model pembelajaran, Bruce Joyce dan Marsha Weil (Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990) mengetengahkan 4 (empat) kelompok model pembelajaran, yaitu: (1) model interaksi sosial; (2) model pengolahan informasi; (3) model personal-humanistik; dan (4) model modifikasi tingkah laku. Kendati demikian, seringkali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran.
Dari berbagai sumber sebenarnya terdapat banyak model pembelajaran yang dapat kita temukan. Akan tetapi mencermati situasi tersebut sebenarnya seorang pendidik profesional dapat secara kreatif mencoba dan mengembangkan model pembelajaran tersendiri yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing. Sehingga pada gilirannya akan muncul model-model pembelajaran versi guru yang bersangkutan, tentunya dengan demikian akan memperkaya khazanah model pembelajaran yang tealah ada.
B. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah upaya seorang guru untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini berkaitan dengan strategi yang di gunakan oleh guru kepada siswanya. Dalam sebuah pembelajaran yang baik guru berperan sebagai pembimbing dan fasilitator. Dalam peranannya sebagai pembimbing, guru berusaha menghidupkan dan memberikan motivasi agar terjadi proses interaksi yang kondusif.
C. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya proses
belajar mengajar (Sudjana, 2005:76).
Untuk dapat memberikan metode pembelajaran yang terbaik seorang guru profesional terlebih dahulu harus pandai menetapkan metode yang paling serasi untuk situasi dan kondisi yang khusus dihadapinya. Menurut Winarno Surakhmad dalam Djamarah (2002:89) pemilihan dan penentuan metode dipengaruhi oleh beberapa faktor, Yaitu : (1) Anak didik, (2) Tujuan, (3) Situasi, (4) fasilitas, dan (5) Guru.
Perlu diketahui ada banyak metode pembelajaran, dan akan lebih baik jika seorang guru profesional menggunakan berbagai jenis metode pembelajaran secara bergantian.
Menurut Djamarah (2002:93-110) macam-macam metode pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Metode Proyek
2. Metode Eksperimen
3. Metode Tugas atau Resitasi
4. Metode diskusi
5. Metode siodrama
6. Metode Demonstrasi
7. Metode Problem Solving
8. Metode Karya Wisata
9. Metode Tanya Jawab
10. Metode Latihan
11. Metode Ceramah
D. Teknik Pembelajaran
Teknik pembelajaran adalah implementasi dari suatu metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru dengan cara yang tepat untuk dapat dengan mudah di fahami oleh peserta didik.
Menurut Gerlach dan Ely (Hamzah B Uno, 2009: 2) teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai.
Contoh sederhana dari teknik pembelajaran misalnya adalah penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.
Dari beberapa uraian diatas dapat disimpulkan bahwa model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran adalah satu-kesatuan sistem yang mendukung terwujudnya strategi Pembelajaran yang baik dalam proses belajar mengajar kepada peserta didik di sekolah. Oleh karenanya seorang pendidik professional haruslah dapat fleksibel dalam menentukan strategi sebelum melaksanakan proses pembelajaran dikelas.
DAFTAR PUSTAKA
1. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/195404021980112001-IHAT_HATIMAH/Pengertian_Pendekatan,_strategi,_metode,_teknik,_taktik_dan.pdf
2. http://forum.kompas.com/sekolah-pendidikan/315349-pengertian-pendekatan-dalam-pembelajaran.html
3. Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif-Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru.
4. http://20316702.siap-sekolah.com/2013/11/18/pengertian-metode-pembelajaran-macam-macam-syarat-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-metode-pembelajaran/#.UyhDaEqXLEc
Silahkan Download, Copy dan Bagikan File Ini
Tapi Tetap cantumkan Sumbernya :)
Semoga Bermanfaat
-SmilingSpirit-
Nice share...
ReplyDeleteMakasih kak :)
ReplyDeleteMakasih ya kak😀
ReplyDelete